Sabtu, 14 Januari 2012

Secuil Dari Saya...

Reda sudah hujan yang sejak beberapa jam lalu membasahi tanah desa saya. Segar! Walau pada kenyataannya saya harus berlindung di balik jaket, celana panjang, dan kaos kaki. Tapi memang segar, karena saya suka hujan! Apalagi hujan yang datang untuk pertama kali setelah musim kemarau panjang. Aroma tanah yang basah membuat saya betah berlama-lama menghirupnya. Akan saya tulis "secuil dari saya" yang terinspirasi dari hujan sore ini!

HUJAN
Entah aneh atau apa, setiap hujan datang saat subuh atau pagi hari, saya suka! Berasa nyaman dan bisa dipastikan saya sedikit bermanja-manja dengan selimut saya. Saya suka kalau pas sekolah (apalagi pas pelajaran), turun hujan. Meskipun resikonya akan dingin dan becek sana-sini. Hujan yang saya suka adalah hujan yang biasa saja, yang masih bisa menunjang aktivitas kita untuk kerja. Bukan hujan badai, angin, petir atau banjir. Karena tipe hujan seperti itu pastinya sangat merepotkan nantinya. Tidak heran kalau saya suka hujan (positif) akan berdampak pada kesukaan saya pada grup band The Rain (walau tidak RainHolic, tapi saya cukup suka saja!) dan lagu dangdut Hujan Di Malam Minggu. :)

KIMIA DAN OLAHRAGA
Benciiiiiii...!!! Ups, saya tulis TIDAK SUKA saja ya! Takut beberapa teman saya akan melempari saya dengan bahan peledak dan bola basket. Hehe. Tapi jujur, saya tidak suka kedua pelajaran itu. Akan saya mulai dari kimia terlebih dahulu, baru lanjut ke olahraga.
Kimia
Saya mendapat pelajaran ini kelas 1 SMA dengan guru yang sangat lucu bernama Pak Djusanto. Sabar, baik, dan konyol. Tapi sayang, kelebihan Pak Djus tidak membuat saya menjadi tertarik dengan mata pelajaran "aneh" ini. Saya dipaksa untuk menghapalkan simbol-simbol dan beberapa singkatan dari macam-macam bahan yang -asli- saya tidak tahu! Na, O2, H2O, Ca, Ka, dan sebagainya. Belum lagi hapalan Metana, Etana, Propana, dan na- na- yang lain. Ulangan Harian (UH) mendapat nilai 27, sungguh luar biasa daripada dapat 0 (nol). Iya kan? Nah, puncaknya pada saat kelas 2 SMA (guru saya Pak Sulkan, lucu juga orangnya) tertampang nilai 5 pada pelajaran Kimia. Baguslah daripada dapat 4. Toh, nilai 5 banyak temannya! Hahaha.
Olahraga
Whats??!! Katakan tidak pada pelajaran ini! Ingat sekali pelajaran olahraga setiap hari Sabtu pada saat saya kelas 3 SMP (Pak Pur nama gurunya, Ayah dari teman saya, Trian 'keyrop' Pradipta), sepulang sekolah saya selalu pijat. Apa pun materi dari pelajaran olahraga mulai dari lempar lembing, tolak peluru, lari, renang, dan lainnya, tidak pernah saya lakukan dengan setulus hati sampai saya kelas 3 SMA. Kecuali pas hujan dan kelas hanya diberi tugas mengerjakan LKS -saya suka itu! Menikmati hujan di dalam kelas dan tidak ada praktek olahraga-.

OPERASI
Tahun 2007 bulan April, ada yang berbeda dari -maaf- payudara saya. Sedikit ada benjolan, tapi bukan keluar seperti benjolan Sinchan, melainkan di dalam. Karena khawatir, saya periksa ke Rumah Sakit Dr. Soebandi Jember -kebetulan dokternya cakep sekali,,hehe- dan dinyatakan ada tumor jinak di payudara saya. Shock?! Iya lah, bukan shock lagi, tapi syyyookkk sekali. Saya nangis, tapi ya tetap pengen biasa saja. Akhirnya saya melakukan operasi -dengan bius lokal saja, kalau bius total saya takut tidak melek lagi, hehehe- di Klinik Bedah di daerah Pandan - Genteng ditemani oleh ayah, pacar (Pras saya), dan sepupu saya, akhirnya operasi berjalan sukses dan lancar. Tahukah Anda, seberapa besar tumor yang bersarang di payudara saya? Temans pernah lihat sebungkul bawang putih? Ya sebesar itu. Bukan se-siung, tapi sebungkul-. Tahun 2011 kemarin tepatnya bulan Mei, justru ibu saya yang melakukan operasi tumor jinak juga di payudaranya, tetapi lebih besar. Belum genap sebulan, ibu saya harus bertarung lagi di meja operasi karena kista. Padahal, dari pola makan, keluarga saya tidak pernah aneh-aneh. Begitu penasarannya tentang tumor dan kista, berikut saya berikan kutipan hasil pencarian saya, "
Kista adalah tumor jinak di yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.
Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.
Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.
Selain pada ovarium kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal".

Ada baiknya memang kita harus waspada dan peduli pada diri sendiri.

Ini baru secuil dari saya. Masih banyak cuilan - cuilan lain yang belum saya kuliti. Nanti ya! Karena masih banyak sesuatu yang saya suka dan saya benci, ups! Temans juga pastinya ada sesuatu yang disuka dan tidak, bukan?
Semoga temans dalam keadaan sehat dan terus bahagia. Amin
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar